Minggu, 16 September 2012

Khazanah Pengetahuan QS Al-Baqarah, 2 : 233 (Urgensi ASI)


Urgensi ASI
“Dan ibu-ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh ,bagi yg ingin menyusui secara sempurna. Dan kewajiban ayah menanggung  nafkah dan pakaian mereka dangan cara yg patut. Seorang tidak dibebani lebih dari kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita karena anaknya dan jangan pula seorang ayah(menderita) karena anaknya. Ahli waris pun (berkewajiban) seperti itu pula.apabila keduanya ingin menyapih dengan persetujuan dan permusyawaratan antar keduanya maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin menyusukan anakmu kepada orang lain,maka tidak ada dosa bagimu memberikan pembayaran dengan cara yang patut. Bertakwalah kepada Allah  dan ketahuilah bahwa Allah maha melihat apa yg kamu kerjakan” (QS Al-Baqarah,2 : 233)
Kebutuhan gizi bayi yg baru lahir sangat berbeda dengan orang dewasa. Gizi ideal untuk memenuhi semua kebutuhan bayi  yang baru lahir adalah ASI,penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mendapatkan ASI jauh lebih sehat dan tubuh mereka terbentuk lebih sempurna.
Keajaiban lain ASI adalah bahwa susu ini mengubah susunannya sesuai dengan perubahan kebutuhan bayi pada setiap tahap perkembangannya. Produsen raksasa makanan bayi telah membelanjakan jutaan dolar bagi penelitian yang mencoba menentukan campuran ideal bahan-bahan untuk pertumbuhan sehat bayi. Sejauh ini disepakati bahwa bayi memerlukan perhatian khusus terhadap asupan susu untuk tiap tahap perkembangannya.
Di dalam laboratorium yang dilengkapi dengan teknologi mutakhir,banyak upaya dilakukan untuk menghasilkan makanan bayi buatan yang mirip dengan susu ibu ,namun belum ada yang mampu menggantikannya. (Harun Yahya,Keajaiban Hormon,2003)
Subhanallah….,selain surga yang memang berada di telapak kaki ibu,disana juga ada suatu minuman ASI yang sangat hebat peranannya dalam pertumbuhan bayi,tapi sekarang aku bukan bayi yang minum ASI
T,T


Tidak ada komentar:

Posting Komentar